top of page

Fan Group

Public·82 members
Melisa Gallegos
Melisa Gallegos

RPP BAHASA MADURA SDl


RPP BAHASA MADURA SDl: Mengembangkan Kemampuan Berbahasa Madura dengan Menggunakan Carakan Madura




Bahasa Madura adalah salah satu bahasa daerah yang digunakan oleh masyarakat Madura di Jawa Timur. Bahasa Madura memiliki ciri khas yang berbeda dengan bahasa Indonesia maupun bahasa Jawa, baik dari segi fonologi, morfologi, sintaksis, maupun leksikon. Bahasa Madura juga memiliki aksara atau tulisan sendiri yang disebut carakan Madura. Carakan Madura merupakan salah satu warisan budaya yang perlu dilestarikan dan dikembangkan oleh generasi muda Madura.


Download: https://miimms.com/2w3WBm


Salah satu upaya untuk melestarikan dan mengembangkan bahasa dan carakan Madura adalah dengan mengajarkannya di sekolah dasar. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Bahasa Madura SDl adalah sebuah dokumen yang berisi rencana kegiatan pembelajaran bahasa Madura di sekolah dasar. RPP Bahasa Madura SDl bertujuan untuk mengembangkan kemampuan berbahasa Madura siswa dengan menggunakan carakan Madura sebagai media komunikasi dan ekspresi diri.


RPP Bahasa Madura SDl disusun berdasarkan kurikulum 2013 yang mengutamakan pendekatan pembelajaran tematik terpadu dari kelas I sampai kelas VI. RPP Bahasa Madura SDl mengacu pada silabus yang telah ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. RPP Bahasa Madura SDl mencakup kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator pencapaian, materi pokok, metode pembelajaran, media pembelajaran, sumber belajar, penilaian, dan alokasi waktu.


Berikut adalah contoh RPP Bahasa Madura SDl untuk kelas IV semester I dengan materi pokok karya sastra Madura (pantun):




Komponen


Isi




Sekolah


SD Negeri 1 Pamekasan




Tema


Legenda




Bahasa Madura


Kelas/Semester: IV/1Materi Pokok: Karya Sastra Madura (Pantun)Alokasi Waktu: 2 x 35 menitPertemuan ke: 1Tanggal Pelaksanaan: 17 September 2023




Tujuan Pembelajaran


1. Siswa dapat menyebutkan ciri-ciri pantun sebagai salah satu bentuk karya sastra Madura.2. Siswa dapat menulis pantun dengan menggunakan carakan Madura.3. Siswa dapat membaca dan menyampaikan pantun dengan menggunakan carakan Madura secara lisan.




Kompetensi Inti


1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.




Kompetensi Dasar


1.1. Menyebutkan ciri-ciri pantun sebagai salah satu bentuk karya sastra Madura.2.1. Menulis pantun dengan menggunakan carakan Madura.3.1. Membaca dan menyampaikan pantun dengan menggunakan carakan Madura secara lisan.




Indikator Pencapaian


1.1.1. Menjelaskan pengertian pantun.1.1.2. Menyebutkan ciri-ciri pantun.2.1.1. Menulis pantun dengan menggunakan carakan Madura sesuai dengan tema yang ditentukan.2.1.2. Menulis pantun dengan menggunakan carakan Madura sesuai dengan aturan bahasa Madura.3.1.1. Membaca pantun dengan menggunakan carakan Madura dengan lancar dan benar.3.1.2. Menyampaikan pantun dengan menggunakan carakan Madura secara ekspresif.




Materi Pokok


Pantun adalah salah satu bentuk karya sastra Madura yang terdiri dari empat baris, dua baris pertama berisi sampiran (pembuka) dan dua baris berikutnya berisi isi (pesan). Ciri-ciri pantun antara lain: setiap baris terdiri dari 8-12 suku kata, bersajak akhir a-b-a-b atau a-a-a-a, mengandung makna tersirat atau sindiran, dan menggunakan bahasa yang indah dan puitis.




Metode Pembelajaran


Ceramah, tanya jawab, diskusi kelompok, latihan menulis, dan presentasi.




Media Pembelajaran


Buku teks bahasa Madura, papan tulis, spidol, kertas, pensil, dan proyektor.




Sumber Belajar


- Buku teks bahasa Madura kelas IV semester I.- Internet: [Academia.edu], [Colrunners.com], [SoundCloud.com].




Penilaian


- Penilaian sikap: mengamati perilaku siswa selama pembelajaran, seperti keaktifan, kerjasama, kedisiplinan, dan tanggung jawab.- Penilaian pengetahuan: memberikan tes tertulis berupa soal pilihan ganda dan uraian tentang ciri-ciri pantun.- Penilaian keterampilan: memberikan tugas menulis pantun dengan menggunakan carakan Madura dan mempresentasikannya secara lisan di depan kelas.




Sumber::


About

Welcome to the group! You can connect with other members, ge...

Members

bottom of page